Tuesday, August 08, 2006

Tanya buka Minimarket

Untuk membuka minimarket hal yang perlu Bapak perhatikan adalah lokasi...lokasi...lokasi. Untuk melihat apakah lokasi Bapak cocok untuk buka minimarket, mungkin Bapak bisa menghitung lalu lintas jalannya, sehari berapa kendaraan atau orang yang lewat. Kalau sehari lebih dari 500 yang lewat artinya lokasi Bapak sudah cocok untuk usaha. Lihat juga pak mengenai saingan, jarak berapa ratus meter ada gak usaha sejenis. Kalau dijalan tersebut gak ada minimarket malah lebih bagus lagi.
Selain masalah tempat Bapak juga harus mengurus masalah perijinannya di pemda. Sambil menunggu perijinan keluar Bapak bisa mulai menset-up ruangan minimarket tersebut, mengenai dana tergantung ukuran minimarket Bapak, bisa puluhan sampai ratusan juta. Masalah design ruangan juga demikian, kalau mau yang bagus pakai jasa konsultan tapi kalau mau irit ya kita set up ruangan sendiri.
Untuk masalah margin keuntungan besarnya Bapak sendiri yang menentukan, kisarannya antara 5%-25%, tergantung jenis produknya. Untuk sistem kontrol stok barang, sebaiknya Bapak membuat sistem tersebut dikomputer. Sekarang banyak kok yang jual sistem komputer untuk minimarket dan bisa sekaligus digunakan sebagai kasir (cash register) menurut pengalaman saya kisaran harganya sekitar 10-15jt (sudah termasuk perlengkapan komputer), jadi Bapak bisa lihat juga masalah expire datenya disana.
Untuk mengetahui apakah barang yang ada di minimarket sesuai dengan data barang yang ada di komputer minimal 3 bulan sekali Bapak melakukan stok opname untuk mengetahuinya, jadi Bapak akan tau kalau ada barang yang tidak sesuai dengan pembukuannya.
Selamat berusaha Pak, semoga sukses selalu.

"Eko W. Sephartanto" wrote: Halo rekan milist,

Saya adalah orang baru dan benar-benar newbie dalam bidang ini.
Saya ada keinginan untuk memulai dagang, dgn membuka usaha mini
market seperti usaha sejenis yg telah ada seperti IndoMaret,
CircleK, etc.
Karena keterbatasan modal, tidak ada niatan untuk mengambil
franchise dari perusahaan tersebut J
Dengan keterbatasan modal tersebut, sekiranya rekan-rekan dapat
memberikan masukan/sharing tentang beberapa hal berikut :
-hal apa saja yg harus dipersiapkan? Contoh perhitungan modal awal
misalnya.
-Besarnya modal awal diluar tempat
-Penentuan harga produk, brp persen sebaiknya dinaikan dari harga
distributor -à profit gain
-Sistem kontrol stock barang dari kuantiti, expired date.
-Dan beberapa hal lainnya yg mnjd poin penting dlm usaha ini
Sebelum dan sesudahnya, terima kasih atas sharingnya.
Salam Sukses,
Eko Wahyudi, ST

4 comments:

Anonymous said...

mungkin ada yang belum tersampaikan oleh bapak dalam melihat sejauh apa bisnis minimarket ini akan membantu bapak dalam kemajuan... akan lebih menyenangkan apabila bapak dapat menghubungi saya di aretho_ws@yahoo.com untuk mengetahui seberapa visible bisnis yang akan bapak dirikan.. terima kasih. atas perhatiannya

MRI - Madani Retail INDONESIA said...

Memulai bisnis ritel, membuka minimarket sendiri, setup jaringan ritel waralaba, meningkatkan penjualan, merancang dan mengelola promosi yang menguntungkan, tangguh menghadapi persaingan dan mendapatkan keuntungan yang lebih melalui negosiasi pembelian...

Kami Siap Membantu
Hubungi MRI - Madani Retail INDONESIA
(http://madanimart.co.id/konsultan);
Email: info-mri@madanimart.co.id

hockey said...

Benar kata anda juga pak iman.
Slain lokasi-strategi promo dan pemasaran juga penting.
Tp intinya terletak juga pada harga ya,, hehehe

Ok nice post pak iman
sekalian promo
mungkin yang butuh perlengkapan untuk memulai swalayan,minamarket
yang irit biaya alias free gratiss desain bisa hubungi kami..

kami sediakan mesin kasir dan alat kasir
computer kasir lengkap printer,laci kasir,scanner barcode, dan program/software siap untuk anda gunakan transaksi
rak toko & meja kasir free desain dari kami

silahkan mail lebar dan panjang bangunan anda ke : hockeycomputindo@yahoo.com

setelah kami desain akan kami kirimkan file lay out + kebutuhan swalayan/minimarket/kasir ke mail anda

atau kunjungi kami di :
http://www.hockeycomputindo.com

roni said...

saya ada rencana membuka mini market mengenai produk2x bagusnya ngambil dari mana ??? biar bhargayg kita jual bisa lebih murah???