Tuesday, August 08, 2006

Buka Usaha Cuci Mobil

Yang paling penting sebelum menjalankan usaha cuci mobil adalah masalah tempat usaha. Jika Bapak mendapatkan lokasi usaha yang strategis (sering dilewati banyak kendaraan) maka kemungkinan besar akan berhasil. Sekalian dilihat juga di lokasi tersebut sudah ada kompetitor apa belum, kalau belum wah pangsa pasarnya akan lebih besar tapi kalau sudah ada berarti pelayanan kita harus lebih baik dari mereka.
Biasanya kalau hanya buka cuci mobil saja kurang menguntungkan karena Bapak bisa hitung saja paling banyak satu hari mobil yang masuk 25 buah, kalau cuci mobil 25rb/buah artinya pendapatan Bapak 625rb/hari, kayaknya besar ya pak tapi Bapak harus hitung juga biaya tenaga kerja, sampho, pemeliharaan, listrik (kalau bisa ruang tunggunya pake ac jadi pelanggan lebih nyaman). Sebaiknya selain cuci mobil Bapak juga bisa mengerjakan salon mobil dan ganti oli malah kalau bisa sekalian bengkel. Atau bisa juga selain cuci mobil, salon, ganti oli mungkin ditambah kantin untuk nambah pendapatan. Malah ada dibeberapa tempat yang menggabungkannya dengan salon (tapi ini salon betulan loh, nunggu mobil dicuci pelanggan bisa creambath) dan internet kafe. Tapi itu semua kalau dapat tanah yang agak luas loh.
Mengenai peralatan biasanya bisa pake hidrolik minimal dua buah (sekarang harganya sekitar 20 sampai 30an jt, tapi ada kok yang jual second harganya sekitar 15an jt), alat semprot harganya dari 500rban sampai 4 jt, Bapak juga harus membuat bak penampungan air, jadi dari sumur atau air ledeng ditampung dulu di bak besar baru nanti ditarik untuk disemprot ke mobil. Terus untuk sampho biasanya kalau Bapak baru mulai pembangunan aja sales2 pada datang nawarin sampho sampai oli. Atau bapak bisa beli di toko-toko kimia biasanya mereka juga jual sampho, obat penghilang kerak di kaca, mesin dan lain-lain. Kemudian vacum cleaner sekarang ukuran maupun merknya macam2 tergantung kebutuhan Bapak. Untuk buka salon mobil tambahnya juga sedikit aja kok, alat poles body dan kaca.
Untuk tenaga kerja kalau Bapak punya 2 hidrolik minimal bapak harus punya sekitar 7 karyawan untuk cuci, biasanya karyawan itu juga bisa dipakai untuk salon mobil. Mengenai gaji tergantung nego Bapak dengan karyawan tersebut dan standar gaji di daerah Bapak. Kalau bisa sih Cuci mobil bapak buka 7 hari seminggu jadi gak ada libur, karena kalau saya lihat di Jakarta agak susah mencari tempat cuci mobil kalau hari libur. Itukhan suatu opportunity disaat semuanya tutup kita buka. Pengalaman saya sewaktu menjadi operational manager di bengkel dulu, pada saat libur pegawai di beri pilihan kalau mau libur silahkan tapi kalau mereka mau masuk maka akan diberikan bonus. Untuk cuci mobil mungkin bisa dibagi 60%:40% atau 50%:50%, 60% atau 50% untuk pemilik dan sisanya dibagikan untuk karyawan yang masuk pada saat libur. Kalau untuk salon mobil atau yang lain mungkin bisa dibicarakan tapi kalau oli tidak soalnya untung kita untuk oli agak dikit lagian ganti oli paling lama juga 10 menit tidak mengeluarkan banyak tenaga.
Yang penting quality control kita sebagai owner harus bagus, kalau saya dulu pasti meriksa mobil terlebih dahulu sebelum diserahkan kepada pelanggan, jadi betul2 hasilnya maksimal. Dan kalau bisa buat questioner untuk perbaikan layanan kita.
Mungkin hanya itu yang bisa saya sharing untuk Bapak.

----- Original Message -----
From: "billy jubilee"
To:
Sent: Thursday, May 11, 2006 9:38 AM
Subject: BisnisFokuS:: Buka usaha cuci mobil


> saya lagi mau buka usaha cuci mobil nich.
> (ini pertama kali buat saya buka usaha)
> mungkin ada yang bisa kasi info yang berhub dengan
> cuci mobil?
> obat cuci, shampo, dll (merek atau ramuan).
> tenaga ahli (paling penting)
>
> terima kasih.

12 comments:

Anonymous said...

Setahu saya, perlatan cuci mobil yang kwalitas standard eksport ada di www.singlepostlifts.tripod.com
dan pernah saya cek harganya sangat bersiang.

Xammy said...

buat yang mau belajar buka usaha salon mobil, bisa liat referensinya di http://www.oto-shiny.com/

Rgds,
oto-shiny.com webmaster

alv said...

klo tanpa hidrolik jadi, modal awalnya kira2 brapa yah?
alat alatnya apa aja? berapa per item harganya?
mungkin untuk waktu skrang, pake hidrolik agak kemahalan, mungkin orang udah geser prinsipnya, "yang penting body/eksterior bersih/kinclong ok, cuci tanpa pake hidrolik pun ngga masalah, karena lumayan mahal,

itu kata saya lho...
thanks infonya

alv said...

klo tanpa hidrolik jadi, modal awalnya kira2 brapa yah?
alat alatnya apa aja? berapa per item harganya?
mungkin untuk waktu skrang, pake hidrolik agak kemahalan, mungkin orang udah geser prinsipnya, "yang penting body/eksterior bersih/kinclong ok, cuci tanpa pake hidrolik pun ngga masalah, karena lumayan mahal,

itu kata saya lho...
thanks infonya

Anonymous said...

hi teman2..saya lagi mau buka usaha cuci mobil yg mana butuh hidrolik 4 buah. pertanyaan saya adalah:

1. beli alat hidrolik baru dan bekas dimana yah?

2. kontraktor yg bisa pasang alat tersebut sekaligus bangun tempat cuci mobil

3. cara buat snow shampoo gimana yah?

4. alat2 yg dibutuhkan untuk support cuci mobil apa saja mengenai alat2 teknis...

trimakasih atas bantuannya...

regards,

rasya

Anonymous said...

yang butuh informasih mengenai perlengkapan dan peralatan cuci mobil bisa hubungi saya
di 085692790909

regard

Rendy

miko said...

>klo buka usaha khusus untuk polish mobil peralatannya apa saja ya?
>trus, saya rencananya mau ngambil satu orang yang udah pengalaman di bidang tsb sebagai team leadernya...ada info gak atau dimana bisa didapat orang tsb?

rgds,

miko

jual mobil bekas said...

Sepertinya cuci mobil adalah usaha yang bagus. Saya pernah baca di majalah, ada Franchise yang menawarkan usaha cuci mobil.

Anonymous said...

modal minimum keseluruhan termasuk tempat usaha berapa ya utk mulai buka cuci mobil..??

awendarlim said...

salama buat teman2 yang bergabung di forum ini.. Saya mau buka usaha cuci mobil. Kl kita ingin buka cuci mobil kan yang kita utamakan : 1. Kenyamanan, 2. kebersihan. Terus apa lagi yang mesti kita berikan supaya konsumen tetap memberikan kepercayaan nya kepada kita untuk tetap mencuci mobilnya? Dan untuk menarik konsumen yang baru/belum pernah mencucikan mobilnya ditempat kita? Terima kasih atas saran dan ide2 dari teman2 yang sudah berpengalaman. Salam "SS" ( Sukses Selalu, Semoga Sukses, Sehat Selalu)

awendarlim said...

salam buat teman2. saya ingin tanya2 dalam hal usaha cuci mobil. karena saya baru mau usaha. Yang ingin saya tanyakan apa saja yang harus kita berikan kepada konsumen supaya konsumen bisa tetap bertahan cuci mobilnya ditempat kita? Yang sudah saya ketahui 1. Kenyamanan disaat menanti ato menunggu, 2 kebersihan. Terus apa lagi yang mesti diutamakan. Terima kasih atas masukan2 yang diberikan teman2.

aditya dirgantara said...

doa in semoga setelah modal terkumpul dan pulang ke indonesia bisa buka usaha cuci mobil,thanks