Monday, March 26, 2007

CHOMEL LAUNDRY

Alhamdulillah hari minggu kemarin tanggal 25 Maret, saya dan istri membuka satu lagi unit bisnis yang diberi nama "CHOMEL LAUNDRY". Persiapan pembukaan bisnis ini hanya memakan waktu 10 hari. Semuanya berawal Master Mind TDA Jogja, pada saat itu kumpul Saya, M'Ferri, M'Tyo, M'Trimuriana dan M'Budi. Pada saat WIFLE, Mas Tyo bicara tentang winningnya di bisnis laundry yang baru aja buka 3 bulanan tapi sudah menerima laundry per harinya sekitar 100 - 150kg. Tertarik dengan bisnis tersebut, saya dan istri membicarakan untuk membuka laundry serupa didekat rumah. Kemudian saya dan istri berusaha mencari kios yang akan disewakan di jalan kaliurang, tapi harga sewa kios disana sangat mahal sehingga saya dan istri takut untuk menjalankan bisnis ini. Apalagi sebagian uang saya baru dialokasikan untuk bisnis kontraktor di cirebon sehingga betul-betul tight money policy. Alhamdulillah, tiba-tiba ada teman istri yang mau meng-over kontrakan kiosnya selama 4 bulan dengan harga yang terjangkau. Dan hal ini baru diberitahukan satu minggu yang lalu. Terus terang kami sangat senang dengan penawaran tersebut, karena dengan sewa hanya 4 bulan, kami bisa tau pasar laundry untuk didaerah tersebut, kalau ternyata menjanjikan akan kami teruskan, tetapi kalau kurang menjanjikan kami akan mencari tempat lain sehingga akan mengurangi kerugian.

Tanpa membuang waktu kami langsung tancep gas untuk persiapan pembukaan. Untuk SOP laundry, alat yang digunakan, cara penanganan pakaian saya langsung kontak Mas Tyo, dan inilah semangat TDA yang tidak pernah menutupi apa pun dibisnisnya. Mas Tyo dengan senang hati memberitahukan semuanya, mulai dari SOP, suplier sampai flyer pun dibantu dibuatkan (terimakasih mas). Istri saya langsung kontak langganannya untuk dibuatkan spanduk dan nota.
Hari sabtu sore saya dan istri langsung meluncur ke "dapur" laundry nya mas Tyo, kami kemudian ATM sekaligus bertanya tentang tetek bengek pengerjaan laundry. Disana kami juga bertemu Mas Hidayat dari makassar yang juga sedang belajar seperti kami, malahan beliau sampai bawa kamera segala. Pulang dari sana udah hampir maghrib, kami singgah dulu di kios untuk pasang spanduk (soalnya spanduk baru jadi sabtu sore).

Setelah semuanya ok kami beranikan diri untuk soft opening keesokan harinya, karena sebenarnya perjanjian kami dengan penyewa sebelumnya buka tanggal 1 April 2007.
Hari pertama kami buka jam 08.00 - 17.00, bergantian jaga antara pembantu di rumah dan saya. Ternyata Allah belum memberikan rejekinya, sehingga hari itu tidak ada transaksi sama sekali. Tetapi saya tetap membesarkan semangat istri kalau orang-orang belum pada tau keberadaan laundry kita, apalagi spanduk baru dipasang malam.
Hari kedua kami buka jam 08.00 - 19.00, bergantian jaga antara pembantu dan istri saya (soalnya saya sudah berangkat ke jakarta maklum masih amphibi), Alhamdulillah kemarin pecah telur, kami kedatangan 3 orang customer dengan total pakaian yang akan dilaundry 9 kg.
Semoga hari ini customer yang datang lebih banyak lagi, dan bisa memenuhi target kami (50 - 100kg/hari),amin.

22 comments:

Hidayat said...

Wah..aku disebut juga dalam blog ini,..sukses ya mas, cuman sayangnya aku blum action nih...hehehe..tapi dah dapat konsepnyalah paling tidak..dan Insya Allah segera juga buka..doain ya mas. Sukses Slalu!!

DeLont said...

Mas saya juga tertarik dengan bisnis laundry tapi masih bingung soalnya gak punya konsep dari modal, peralatan dan caranya. mohon infonya

thanks banget
Denny
delonx@yahoo.com

DeLont said...

Mas saya juga tertarik dengan bisnis laundry tapi masih bingung soalnya gak punya konsep dari modal, peralatan dan caranya. mohon infonya

thanks banget
Denny
delonx@yahoo.com

Unknown said...

Mas, saya ada di Jakarta. saya juga tertarik dengan konsep laundry kiloan. Bisa nggak saya dibocorin gimana sih seluk beluk laundry kiloan itu...
listiaji@yahoo.com.sg

Anonymous said...

Mas, Saya Rudi dari Medan.
Saya tertarik mengenai bisnis laundry yang dilakukan. Tolong masukannya, apa2 yg mesti saya lakukan serta berapa minimum biaya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini
depari_rudi@yahoo.com

Anonymous said...

Saya di jakarta tertarik untuk bisnis laundry kiloan. Kalau boleh bisa bocorin seluk beluknya terutama alat2 dan SOPnya.
Terima kasih, ditunggu.

Salam,
Danny S
danny_70an@yahoo.com

Anonymous said...

bisa bagi2 ilmu usaha laundry nya boss? saya dah lama ingin.. cuman kurang info..berapa modal dan gemana pengelolaannya?.. makasih email: venusgazer@yahoo.com

Anonymous said...

Assalamualaikum mas Iman,
Saya karyawan swasta yang saat ini juga pengin mulai merintis usaha. saat ini saya tertarik sekali untuk terjun di usaha laundry kiloan. Kiranya mas Iman bersedia untuk memberikan informasi soal tehnis usaha laundry kiloan terutama SOP nya.
Maturnuwun.
Wassalam. Lukman.
Enoku0507@yahoo.com

Anonymous said...

mas saya eko di purwokerto,
saya mau bisnis laundry di kota saya , bisa bagi bagi resep dan sop-nya, rencana segmen yang saya bidik kalangan perumahan dan mahasiswa

terima kasih
email : eko_pwt@kftd.biz

Anonymous said...

mas saya eko dari purwokerto
saya tertarik untuk bisnis laundry, tahap awal saya rencana mau buka di rumah sendiri, mohon info resep dan SOPnya mas, bagi2 ilmunya. makasih.

email:eko_pwt@kftd.biz

Insan V.R. said...

mas, bisa minta no.telpnya, mau tanya tanya tentang bisnis laundry, kalau boleh saya tolong di sms no.telp sampeyan di 0811370160 atau email ke insanvidirahman@yahoo.com. terima kasih banyak. semoga bisa nambah jadi sedulur

Rainbow said...

assalamualaikum......
maaf mas iman mungkin agak telat menanyakan ini, saya sekarang sedang tertarik untuk membuka usaha laundry tapi belum mengerti betul tentang usaha ini. saya pengin nanya modal min berapa, alat2nya, terus konsep lengkapnya usaha laundry itu sendiri.
terimakasih

salam
Rendy
mblooro29@gmail.com

Anonymous said...

sy meydi mahasiswa fe unpad mas imam slam kenal, sy ingin action d bisnis tdk hanya teori saja dan sy berencana membuka bisnis laundry kiloan dgn target mahasiswa. bgm langkah yang baik mulai dr modal+peralatan+pegawai+tmpat yg baik, strategi dll mas. mav sy masi awam jd mhon bantuan trims.
email : meydi7@yahoo.com

artha said...

mas saya artha,
saya akan membuka laundry di kota serang,tp masih ada keterbatasan pengetahuan mengenai SOP dan tempat-tempat untuk mendapatkan barang-barang kebutuhan laundry. Kalo mas bersedia berbagi pengalaman dan ilmu saya ucapkan terima kasih

Anonymous said...

mas apa dalam bisnis laundry anda juga menggunakan struktur organisasi?
yg tentu saja dapat memperlancar kerja ataupun memperjelas tugas dari masing2 pegawai sesuai dengan struktur organisasi tersebut.
bisa berikan saya gambaran mengenai struktur organisasi yang ada pada usaha laundry anda.trims

fr3ze_girl@hotmail.com

Anonymous said...

Mas,,sy ogie,,tertarik bisnis laundry di kota saya,,,bisa share mengenai bisnis ini ya mas: sperti apa saja yg diperlukan dlm bisnis laundry ini, cara operasional bisnis ini seperti cara pemisahan baju,apakah termasuk laundry karpet,selimut dan gorden,sistem kiloan gmn,penanganan baju2 yg kainnya rentan sobek,dll. everthink mas. thx.
YM Online: ieghoy
email : ieghoy@yahoo.com

Anonymous said...

Ass wr wb,
Mas Imam saya Erin,saya ingin di bagi jg ilmunya utk usaha laundry,saya tertarik.mhn petunjuknya dg jls.apa sj yg hrs sy persiapkan utk mmbuka bsnis tsb.thx b4.Wass wr wb

Anonymous said...

Ass wr wb,
Mas dan istri yang lagi asik menjalankan bisnis laundry kiloan, aku nanya kalau dengan peralatan 1 mesin cuci (front loading) kapasitas 7 kg dan dryer 7 kg bisa mengerjakan brp kilo pakaian per hari?
pada prakteknya, sering mencuci menggunakan fasilitas hitter gak?
kalo suruh milih mesin cuci lux atau electrolux milih mana?
idealnya kapasitas listrik yang terpasang berapa watt?
matur nuwun sakderenge.
(imungtr@yahoo.com)

Anonymous said...

Saya tertarik untuk buka usaha laundry di kota tempat tinggal saya, apakah Mas berkenan untuk membagi ilmunya ? Bagai mana cara memualai usaha ini ? Terima kasih.

email : noel@cni.co.id

Anonymous said...

mas saya tertarik dengan bisnis laundry dan ingin belajar, mohon di kirimkan SOPnya mas.

trima kasih
leo

Unknown said...

Mas, saya Ibu Rumah Tangga dari Surabaya. Saya tertarik dengan bisnis laundry taoi masih bingung bagaimana untuk memulainya. Kira kira apa saja yang dipersiapkan mulai dari modal, peralatan, dan juga cara caranya. Mohon infonya . Terima kasih atas perhatiannya.

richard said...

wah bagus semangatnya...