Monday, November 27, 2006

Reksa Dana TRIM

Wuih......kemarin saya lagi terbakar mendengar cerita teman saya yang sekarang lagi berinvestasi di reksana dana sahamnya Trimegah Securities (TRIM), memang dengan SBI yang cenderung terus menukik yang pasti diikuti dengan turunnya suku bunga kredit pasti juga akan berpengaruh dengan suku bunga deposito dan tabungan.
Dengan turunnya suku bunga deposito dan tabungan menyebabkan instrument itu sudah tidak layak lagi disebut investasi karena bunga yang tawarkan lebih kecil dibandingkan dengan inflasi kita apalagi harus dipotong dengan biaya administrasi dan pajak 20%. Sehingga nilai uang kita yang diinstrument tersebut sudah mengecil tergerus oleh inflasi yang lumayan tinggi.
Mengingat hal tersebut dan terbakar ucapan teman saya kemarin saya mulai membaca propektus reksadana saham TRIM, ternyata return yang ditawarkan cukup menggoda dibandingkan dengan deposito atau tabungan. Apalagi trend IHSG sekarang cenderung terus merangkak naik, sehingga dapat dipastikan reksadana saham akan mengikuti trend tersebut. Berdasarkan beberapa majalah dan koran yang saya baca, menurut pengamat IHSG akan terus naik sehingga diperkirakan akan menembus level 1,800-1,900 tahun 2007 besok. Sekarang IHSG ada di level 1,690an, jadi masih banyak kesempatan untuk kita mengambil return yang besar di reksadana saham. Setelah 2 tahun dan IHSG mulai bergerak flat, reksa dana tersebut kita cairkan untuk menambah modal bisnis, lumayankan dibandingkan kita tanam uang kita di tabungan atau di deposito.
Mengapa reksadana TRIM, karena untuk masuk ke reksadana tersebut hanya butuh 250,000 saja dan untuk penambahannya juga 250,000, lebih murah dibandingkan reksadana saham yang dikeluarkan oleh securitas yang lain (bukan promosi loh). Yah, anggap aja uang rokok yang bisa kita biakan untuk menambah modal usaha kita 2 tahun yang akan datang.
Jadi uang kita yang ditabungan yah hanya untuk menjaga cashflow bulanan aja sedangkan sisanya kita buat uang yang bekerja untuk kita dengan demikian kita sudah belajar masuk kuadran keempat Robert T Kiyosaki (Investor), biarpun hanya kecil-kecilan. Semoga itu bisa menjadi bola salju buat kita, dari yang awalnya kecil dan terus menggelinding menjadi bola salju yang besar untuk masa depan yang lebih baik lagi.

1 comment:

Anonymous said...

saya juga bermaksud membuka bisnis baru, yaitu membuat produk bayi. tp ternyata harus punya apoteker full time yg bertanggung jawab ya? saya pribadi sih yakin produk saya aman karena 100% bahannya alami dan diakui sendiri oleh IDAI akan manfaat dan keamanannya. hmm...hrskah saya mencari apoteker untuk sekedar melengkapi formalitas mendapatkan ijin depkes?
mohon pencerahannya pak.
terimakasih